Senin, 21 September 2015

INVESTIGASI KECELAKAAN KERJA

"SELURUH KECELAKAAN YANG DISEBABKAN OLEH CAMPUR TANGAN UMAT MANUSIA, SEJATINYA DAPAT DICEGAH OLEH MANUSIA”

Pada dasarnya semua kecelakaan kerja wajib dilakukan investigasi karena investigasi ini bertujuan untuk mencari penyebab dasar dari suatu kejadian dengan harapan kejadian tersebut tidak terjadi kembali dimasa yang akan datang. Namun pertanyaannya kecelakaan yang seperti apa yang harus di investigasi secara detail dan mendalam…? Nah untuk menjawab pertanyaan diatas ya kita serahkan kepada perusahaan masing-masing, mengingat proses investigasi memakan waktu yang lama, membutuhkan sumberdaya manusia (Tim investigasi) yang bersedia meluangkan waktu untuk proses investigasi atau bahkan biaya. Seperti kecelakaan kerja yang menyebabkan tangan tergores karena terkena silet apakah perlu dilakukan investigasi sampai memanggil tim investigasi dari department lain, perlukah mengorbankan waktu untuk proses investigasi yang sudah jelas-jelas ketahuan penyebabnya…? Nah jawabannya kembali lagi pada perusahaan…He..he..he.

Sebaiknya di dalam prosedur deskripsikan kriteria kecelakaan kerja yang perlu melibatkan tim investigasi, jangan sampai setiap ada kecelakaan kerja panggil tim investigasi, bisa-bisa rendah donk efisiensi kerjanya. Oleh sebab itu pisahkan form laporan kecelakaan kerja dengan form investigasi kecelakaan, karena tidak semua kecelakaan kerja harus di investigasi oleh Tim. Nah terus investigasinya oleh siapa..? katanya semua kecelakaan kerja harus di investigasi..? Investigasi bisa dilakukan oleh internal department, tidak perlu melibatkan tim investigasi yang mana biasanya tim investigasi itu terdiri dari beberapa perwakilan department. Jadi setiap department wajib memiliki orang-orang yang berkompeten dalam investigasi kecelakaan agar bisa melakukan investigasi internal untuk kecelakaan ringan. Laporan investigasinya bagaimana…? Laporannya bisa digabungkan dengan form pelaporan kecelakaan kerja, dalam form tersebut tersedia sarana untuk analisa root cause kecelakaan missal 5 why, fish bone dll, Sekaligus tindakan preventive dan corrective actionnya bagaimana. Jangan lupa sediakan juga pilihan apakah perlu investigasi lanjutan atau tidak. Namun dalam investigasi lanjutan metode analisanya haruslah lebih dalam  lagi ya.. sehingga terlihat perbedaannya antara investigasi oleh tim atau hanya investigasi internal.

Tahapan-tahapan untuk investigasi kecalakaan di sajikan dalam flowchart sebagai berikut :




Flow chart diatas dapat dijadikan panduan anda dalam membentuk system investigasi kecelakaan kerja yang ada diperusahaan. Untuk penjelasan flow chart akan di paparkan pada pertemuan selanjutnya (Investigasi Kecelakaan II)

"Salam Safety Untuk Anda dan Keluarga Anda Dirumah"






Tidak ada komentar :

Posting Komentar